UA-82266412-1

Alat Konduktometer: Alat Pengukur Daya Hantar Listrik Pada Larutan Dalam Kegiatan Penelitian dan Praktikum di Laboratorium

CyberScanCON510Berdasarkan daya hantar listriknya, suatu larutan dapat dibedakan menjadi larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah dan non elektrolit. Hal tersebut didasarkan pada derajat ionisasi dari zat yang terlarut didalamnya. Salah satu cara secara kuantitatif untuk mengetahui sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya yaitu dengan mengukur larutan tersebut dengan alat konduktometer. Nila daya hantar listrik yang terukur oleh alat konduktometer merupakan nilai daya hantar ekivelan yang didefiniskan sebagai kemampuan suatu zat terlarut untuk meghantarkan arus listrik pada satu gram berat ekivalen zat terlarut tersebut di antara dua elektroda dengan jarak 1 cm. Definis dari berat ekivalen zat itu sendiri adalah berat molekul zat dibagi dengan jumlah muatan ion positif dan negatifnya. Daya hantar ekivalen pada larutan encer diberi simbol yang nilainya tertentu untuk setiap jenis ion. Konduktometer merupakan alat yang memerlukan prosedur pemakaian khusus karena terkait dengan sensitivitas pengukurannya yang harus selalu dijaga agar tetap mendapatkan hasil pengukuran yang memiliki akurasi tinggi. Berikut ini instruksi kerja dari konduktometer yang perlu diperhatikan.

INSTRUKSI KERJA ALAT

1.Informasi Alat

Jenis Alat : Konduktometer

Merk         : Eutech Con 510

2.Fungsi alat

Konduktometer digunakan untuk melakukan pengukuran daya hantar listrik, suhu dan Total Dissolve Solid (TDS) suatu larutan atau cairan

Silahkan baca juga:

3.Cara Kerja

  1. Hubungkan steker alat dengan kontak listrik
  2. Tekan tombol ON untuk menghidupkan alat
  3. Tekan tombol MODE lalu pilih conductivity mode
  4. Lepaskan penutup elektroda, kemudian bilas elektroda dengan akuades
  5. Masukkan elektroda ke dalam larutan KCL 0,01 N
  6. Tekan tombol CAL/MEAS pilih calibration mode tunggu sampai muncul indikator READY pada layar lalu tekan tombol ENTER, tunggu sampai muncul indikator DONE.
  7. Setalah kalibrasi selesai, bilas elektroda dengan akuades dan dilap dengan tisu
  8. Siapkan larutan sampel yang sudah homogen lalu masukkan elektroda ke dalam larutan tersebut tunggu sampai muncul indikator READY, catat hasil pengukuran tersebut.
  9. Setelah selesai pengukuran, bilas elektroda dengan akuades dan dilap dengan tisu
  10. Tutup kembali elektroda dengan penutup berisi larutan penyimpanan
  11. Tekan tombol OFF untuk mematikan alat
  12. Lepaskan steker alat dari kontak listrik

Silahkan baca juga:

{ Leave a Reply ? }

  1. Ronald Grannell

    Hey! Someone in my Myspace group shared this site with us so I came to take a look. I’m definitely loving the information. I’m book-marking and will be tweeting this to my followers! Exceptional blog and fantastic design and style.

  2. Syaiful

    terimakasih telah berbagi

  3. Eliza Tyas

    Terimakasih atas informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *