UA-82266412-1

My Trip My Adventure: Curug Putri Pelangi, Pesona Air Terjun Di Kaki Gunung Salak Dengan Kejernihan Air Dan Kesegaran Alam Yang Begitu Asri Nan Indah

Pintu Masuk curug putri pelangiGerbang Pintu Masuk Curug Putri Pelangi

Kehidupan harus dijalani dengan berbagai keseimbangan agar tetap berjalan dengan baik. Aktivitas sehari-hari yang begitu padat membuat badan dan pikiran terasa lelah dan penat. Jika telah terjadi hal seperti itu, kinerja pun menjadi tidak produktif dalam menghasilkan ide dan karya inovasi yang brilian. Aktivitas yang padat harus diimbangi dengan kegiatan refreshing untuk mengembalikan efektivitas dan produktivitas dalam bekerja. Dengan pikiran yang lebih relax, maka ide-ide yang berkualitas dapat dengan mudah muncul dan berkembang. Penatnya daerah perkotaan dengan hiruk pikuk kondisi lingkungan yang sudah banyak tercemar baik itu udara, air maupun tanah akan membuat rindu akan suasana alam yang masih asri dengan segala pesona lingkungan yang belum tercemar. Tak dapat dipungkiri bahwa objek wisata yang masih bersifat alami seperti pegunungan, air terjun, pantai, pedesaan serta danau banyak dicari untuk tujuan refreshing. Salah satu bentuk pesona alam yang begitu menarik yaitu air terjun atau dalam bahasa sunda disebut sebagai curug.

Pemandangan asri

Curug putri pelangi nampak depanPemandangan Alam Yang Begitu Indah Dan Asri

Video gemericik suara air yang begitu menenangkan.

Bogor merupakan daerah yang berada disekitar daerah gunung salak, tentunya hal ini mengakibatkan banyaknya tempat disekitar pegunungan yang berpotensi adanya air terjun atau curug, karena adanya sumber mata air dengan arus yang deras. Salah satu curug yang masih alamin dan masih terasa begitu liar adalah Curug Putri Pelangi atau dalam bahasa sunda disebut Curug Putri Kuwung-kuwung. Curug Putri Pelangi berlokasi di Tajur Halang, Cijeruk, Bogor Jawa Barat. Curug ini disebut Curug putri pelangi karena konon menurut masyrakat disekitar tajur halang, curug ini dihuni oleh seorang putri cantik bermahkotakan pelangi yang merupakan perwujudan siluman ular penunggu air terjun tersebut. Terlepas dari mitos tersebut, Curug putri Pelangi tetap mempesona degan pemandangan alam yang indah dan kesegaran air yang begitu membuat badan fresh.

akses jalan 2 akses jalan 3 akses jalanJalan Akses Menuju Air Terjun

Perjalanan menuju lokasi Curug Putri Pelangi membutuhkan waktu sekitar 2 jam jika berjalan kaki dari pemberhentian terakhir transportasi umum. Terdapat 2 akses jalan yang dapat ditempuh menuju lokasi Curug Putri Pelangi yaitu melalui Tajur Halang dan Cihideung. Jika melalui Tajur Halang, kita akan disuguhi pemandangan padang rumput yang luas dan hutan bambu. Jika melalui Cihideung, kita akan disuguhi pemandangan perkebunan teh yang hijau, perkebunan buah naga dan nanas yang produktif serta pemandangan kaki gunung salak yang biru. Untuk menikmati seluruh pesona alam selama perjalanan menuju Curug Putri Pelangi, ada baiknya kita datang melalui jalur tajur halang dan pulang melalui jalur cihideung. Seluruh lelah dan peluh di badan akan terbayar lunas ketika melihat pemandangan sekitaran air terjun dari curug putri pelangi yang begitu memikat dengan dua arus air yang letaknya tidak berjauhan. Ukuran arus air terjunnya memang berbeda yang satu kecil dan yang satu lagi besar hingga bisa membentuk genangan air untuk berendam.

Video pemandangan alam yang begitu mengagumkan.

tiket masuk curug putri pelangi

Tiket Masuk Curug Putri Pelangi

Saung tempat istirahat Saung yang indah Saung Tempat Beristirhat Di Sekitar Curug

Seiring dengan lokasi Curug Putri Pelangi yang semakin populer, secara perlahan tempat ini menjadi salah satu daya tarik wisata alam di daerah cijieruk Bogor. Fasilitas yang ditawarkan pun kian menarik seperti adanya saung di area kebun dekat dengan air terjun, fasilitas kebersihan seperti kamar ganti dan WC serta akses jalan turun yang sudah dibuat pagar sehingga lebih aman bagi pengunjung. Harga tiket masuk yang ditawarkan pun relatif terjangkau yaitu Rp 10.000,- per orang dan untuk anak kecil dibawah 5 tahun tidak dihitung biaya. Jarak air terjun ke pintu masuknya tidak jauh dan sudah terlihat secara nyata. Ketika melihat airnya yang jernih, sungguh ingin segera berendam dan berenang sambil terkena derasnya air terjun yang mengenai badan. Menjadi suatu pengalaman yang sangat berkesan saat dapat mengunjungi curug putri pelangi yang sangat indah nan asri.

Air terjun yang indah

jernihnya air curug putri pelangiAir Yang Begitu Jernih Dan Menyegarkan

All Photos and Videos Copyright By Rohmat Ismail

Location: Curug Putri Pelangi, Tajur Halang, Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *