UA-82266412-1

Fasilitas Praktikum dan Penelitian Mahasiswa: Laboratorium Divisi Kimia Anorganik Di Gedung Baru Departemen Kimia FMIPA IPB Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan

Laboratorium Penelitian

Laboratorium Penelitian Divisi Kimia Anorganik Di Gedung Baru

Setelah sempat berpindah-pindah gedung, Alhamdulillah akhirnya Departemen Kimia FMIPA IPB memiliki gedung sendiri dengan berbagai fasilitas yang mendukung proses kegiatan perkuliahan dan praktikum. Fasilitas yang sangat diutamakan tentunya adalah laboratorium karena  kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa yang dilakukan di laboratorium merupakan sarana aplikasi ilmu kimia. Gedung Departemen Kimia terdiri dari tiga level dan dua wing. Level satu wing satu merupakan area untuk Laboratorium Divisi Kimia Organik dan level dua wing dua merupakan area untuk Laboratorium Divisi Kimia Analitik. Level dua wing satu merupakan area untuk Laboratorium Divisi Kimia Fisik dan level dua wing dua merupakan area untuk Divisi Kimia Anorganik. Level tiga wing satu merupakan area sekertariat Departemen Kimia dan level tiga wing dua merupakan area Laboratorium Bersama.

Selamat Datang Di laboratorium Kimia Anorganik

Selamat Datang Di Divisi Kimia Anorganik

Laboratorium untuk Divisi Kimia Anorganik terdiri dari ruang dosen, ruang asisten, ruang administrasi, ruang staff laboratorium, ruang bahan kimia, ruang instrumen, laboratorium untuk kegiatan pendidikan serta laboratorium untuk kegiatan penelitian. Dengan area yang lebih luas dan tinggi ruangan yang memadai, maka laboratorium baru ini terasa lebih nyaman dan leluasa untuk melakukan semua kegiatan laboratorium serta tentunya memenuhi kaidah keselamatan kerja di laboratorium.

Laboratorium Penelitian

Laboratorium penelitian

Laboratorium Penelitian

Laboratorium untuk kegiatan penelitian terdiri dari 6 meja laboratorium yang memang diplotkan untuk 6 dosen divisi kimia anorganik sehingga setiap meja menjadi tanggung jawab masing-masing mahasiswa dalam satu bimbingan dosen yang sama, serta meja dinding yang digunakan untuk meletakkan alat preparasi seperti oven, tanur, dan microwave. Sarana pendukung untuk keselamatan kerja berupa shower dan lemari asam.

Silahkan baca juga:

Laboratorium Pendidikan

Laboratorium Penelitian

Laboratorium Pendidikan

Laboratorium untuk kegiatan pendidikan terdiri dari 8 meja lab serta meja dinding yang digunakan untuk meletakkan alat pada kegiatan praktikum seperti tanur, water bath, oven, pompa vakum, rotavapor dan magnetic stirer. Kegiatan praktikum di laboratorium kimia anorganik sendiri terdiri dari Praktikum Kimia Anorganik (PKA) dan Kimia Biologis II (KimBio) pada semester genap serta Praktikum Sintesis Dan aplikasi Material Anorganik (SAMA) pada semseter ganjil.

Ruang Bahan kImia

Ruang bahan Kimia

Ruang bahan Kimia

Ruang Bahan Kimia

Ruang Bahan Kimia

Ruang bahan kimia merupakan tempat penyimpanan stok bahan kimia untuk kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa, terdiri dari lima lemari bahan yang telah disusun berdasarkan symbol bahayanya yaitu Globally Harmonized Symbol (GHS) dan telah dilakukan inventaris melalui pengembangan Chemical Inventory Management System (CIMS) dan Sistem Dokumen Mutu. Kedua sistem tersebut dipadukan sehingga menjadi sistem manajemen bahan kimia yang terintegrasi dengan baik. Berikut ini video hasil pengembangan CIMS di Laboratorium Kimia Anorganik:

Ruang instrumen

Ruang instrumen

Ruang Instrumen

Ruang instrumen merupakan tempat meletakkan alat-alat untuk mengukur dengan ketelitian tinggi. Ruang ini dikondisikan dengan suhu dan kelembaban yang sesuai maka dari itu digunakan AC dengan pengaturan suhu 16 derajat celcius. Alat- alat yang diletakkan di ruangan ini adalah Spectronic 20D+, mikroskop cahaya, pH meter, konduktometer, neraca analitik, dan sentrifuse. Seluruh instrumen tersebut telah dikalibrasi sehingga keakuratan data hasil pengukurannya dapat dipertanggungjawabkan dengan jelas. Semoga dengan menempati gedung baru, Departemen Kimia FMIPA IPB lebih maju dalam berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan dan mencapai prestasi tertinggi.

Silahkan baca juga:

{ Leave a Reply ? }

  1. Music Downloader

    I think this is one of the most significant info for me. And i’m glad reading your article. But should remark on some general things, The web site style is wonderful, the articles is really excellent : D. Good job, cheers

  2. Syaiful

    Bagus yah laboratoriumnya

  3. Mega Setiani

    thank you for sharing, visit our web http://ittelkom-pwt.ac.id

  4. Eliza Tyas

    Thankyou for sharing information

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *