UA-82266412-1

Workshop dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional IPB 2018: Strategi Peningkatan Profesionalisme dan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Jabatan Fungsional

Workshop dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional IPB 2018Panitia, Para Pejabat dan Nara Sumber Pada Workshop dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional IPB 2018

Pada hari kamis dan jumat tanggal 8 – 9 Februari 2018 telah dilaksanakan Workshop dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional IPB 2018 dengan tema “Strategi Peningkatan Profesionalisme dan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Jabatan Fungsional”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan ASN sebagai sumber daya manusia yang harus selalu berkembang baik dalam sisi kompetensi maupun karirnya. Seiring berkembangnya zaman, perubahan sistem pengelolaan sumber daya tersebut  harus dirubah dari  perspektif  lama yaitu sistem manajemen kepegawaian yang hanya menekankan pada adanya hak dan kewajiban individual pegawai, menuju pespektif baru yang lebih menekankan pada manajemen pengembangan sumber daya manusia secara strategis (strategic human resource management) sehingga mampu menghasilkan ASN yang memiliki pola pikir yang dinamis dan dapat melaksanakan tugas serta fungsinya dalam pemerintahan dengan berbagai tantangan global yang dihadapi bangsa Indonesia.

IMG_1701Sambutan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Perencanaan dan Keuangan

(Dr. Ir. Agus Purwito, M.Sc.Agr)

IMG_1561Sambutan Dekan FMIPA IPB, Dr Sri Nurdiati, M.Sc

IMG_1685Sambutan Ketua Panitia (Bambang Hermawan, M.Si)

Silahkan baca juga:

Kegiatan Workshop dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional ini dihadiri oleh 190 peserta dari internal IPB dan 150 peserta dari external IPB yang berasal dari 22 perguruan tinggi, 25 lembaga pemerintah dan kementerian, 1 sekolah menengah kejuruan dan 1 sekolah menengah pertama. Selain itu ditambah 4 orang narasumber dan 28 orang tamu undangan. Pemakalah sebanyak 29 orang siap mempresentasikan makalah ilmiahnya dan 2 orang dalam bentuk poster dengan rincian, 19 orang dari PLP, 10 orang dari pustakawan, 1 orang dari Arsiparis dan 1 orang dari Analisis Kepegawaian. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya lagu Mars Pranata Laboratorium Pendidikan yang dipimpin oleh Ibu Pipih Suningsih Effendi, M.Si selanjutnya penyampaian laporan ketua panitia oleh Bapak Bambang Hermawan, M.Si dan pembacaan doa oleh Bapak Nandang Hasanudin, SP. Acara sambutan dan pembukaan oleh Wakil Rektor IPB Bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan, Dr Ir. Agus Purwito, M.Sc.Agr dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan FMIPA IPB, Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Si Wakil Rektor IPB dan Dekan FMIPA IPB menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap panitia pelaksana serta pihak-pihak yang memberikan bantuannya sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik.

P_20180208_085302 IMG_1671Pelaksanaan Workshop dan Seminar Jabatan Fungsional IPB 2018

Acara workshop diawali dengan penyampaian materi pertama oleh Direktur Karier dan Kompetensi SDM Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti, Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A. Materi yang disampaikan adalah Peningkatan Profesionalisme dan Kompetensi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP). Penyampaian materi kedua oleh Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Dr. Andi Kasman M, S.E., M.M. Materi yang disampaikan adalah Strategi Peningkatan Kompetensi dan Tolok Ukur Keberhasilan Pembinaan Jabatan Arsiparis. Penyampaian materi ketiga oleh: Kepala Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional, Dra. Opong Sumiati, M.Si. Materi yang disampaikan adalah Strategi Pengembangan Karir Pustakawan. Penyampaian materi keempat oleh Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Badan Kepegawaian Negara, Drs. Margi Prayitno, M.AP Materi yang disampaikan adalah jabatan fungsional analis kepegawaian dan angka kreditnya strategi peningkatan profesionalisme dan kompetensi serta pengangkatan melalui penyesuaian/inpassing. Setelah kegiatan workshop, acara dilanjutkan dengan presentasi sponsor-sponsor yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini yaitu PT.Murni Dharma Karya, PT. Welizer Matahari Indonesia, PT Spektrakrom Indonesia dan PT Besha Analitika.

Silahkan baca juga:

 

IMG_1945Seminar oleh Tenaga Kependidikan Berprestasi Kategori Pranata Laboratorium Tingkat Nasional Tahun 2015 (Sofyan, S.Si, M.Si)

IMG_1932

Seminar oleh Arsiparis Teladan Tingkat Nasional Tahun 2017 (Ir. Setyo Edy Susanto, S.Th.I, M.Pd)

Acara seminar hari pertama diisi oleh para tenaga kependidikan berprestasi dari masing-masing jabatan fungsional. Seminar ini diharapkan mampu memotivasi para peserta untuk terus berprestasi dan berkarya sesuai dengan jabatan fungsionalnya masing-masing. Seminar sesi pertama oleh Bapak Ir. Abdul Rahman Saleh, M.Sc yang merupakan pustakawan berprestasi tingkat nasional dan reviewer karya-karya tulis bidang kepustakaan. Beliau menyampaikan seminar dengan judul “Komposisi Angka Kredit pada PAK (Penetapan Angka Kredit) Kenaikan Pangkat/Jabatan Pustakawan Tingkat Keahlian”. Seminar sesi pertama ini dipandu oleh Ibu Ratnaningsih, S.Sos, MP selaku moderator. Seminar sesi kedua oleh Bapak Ir. Setyo Edy Susanto, S.Th.I, M.Pd yang merupakan Juara 1 arsiparis teladan tingkat nasional 2017 yang diselenggarakan oleh ANRI. Beliau menyampaikan materi dengan judul “Kenaikan Pangkat/Jabatan Arsiparis Berbasis Kinerja dan Kompetensi”. Seminar sesi kedua ini dipandu oleh Drs.B Mustafa, M.Lib selaku moderator. Seminar sesi ketiga oleh Bapak Sofyan, S.Si, M.Si yang merupakan  Juara II Tenaga Kependidikan Berprestasi tingkat nasional Kategori Pranata laboratorium Tahun 2015. Seminar sesi kedua ini dipandu oleh Bambang Hermawan, S.Bio, M.Si selaku moderator. Beliau menyampaikan materi dengan judul “Analisis Emisi Metana Pada pakan Ruminansia Dengan Metode Methane Detector Digital” Acara seminar dilanjutkan di hari kedua yang disampaikan oleh para pemakalah yang sudah mengirimkan karya tulisnya untuk dipresentasikan. Pelaksanaan seminar dibagi menjadi dua tempat yaitu di gedung auditorium FMIPA untuk seminar jabatan fungsional PLP dan gedung auditorium FPIK untuk seminar jabatan fungsional arsiparis, pustakawan, dan analis kepegawaian.

IMG_1973

IMG_1980Panitia Workshop dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional IPB 2018

IMG_2140

Pelaksanaan Seminar di Gedung Auditorium FMIPA IPB

SAMSUNG CAMERA PICTURESPelaksanaan Seminar di Gedung Auditorium FPIK IPB

{ Leave a Reply ? }

  1. Syaiful

    bagus materinya

  2. Mega Setiani

    keren sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *