UA-82266412-1

Rangkaian Kegiatan Dies Natalis IPB Ke 54: IPB Innovation and Enterpreneurship Expo (IIEE) 2017

IPB Expo 2017

Perguruan tinggi merupakan tempat menuntut ilmu dengan spesifikasi bidang keilmuan yang sudah mumpuni. Berbekal keilmuan dengan tingkat tinggi maka sudah menjadi sebuah keharusan bahwa civitas akademika dari suatu perguruan tinggi harus mampu membuat sebuah karya inovasi terbaru yang dapat dimanfaatan secara luas dan nyata oleh masyarakat. Inovasi yang telah didapatkan melalui berbagai riset yang telah dipublikasikan dalam bentuk jurnal-jurnal ilmiah, mampu memberikan kontribusi dalam bidang ekonomi. Inovasi di berbagai aspek kehidupan seperti pangan, transportasi, dan obat-obatan. Karya inovasi yang diwujudkan dalam suatu produk komersil dapat meningkat nilai ekonominya dengan cara diproduksi dalam skala industri. Hal ini dapat terwujud dengan adanya kerja sama dengan pemerintah atau swasta melalui investasi dana sebagai modal produksi. Pembukaan jalur investasi dapat membangkitkan jiwa untuk berwirausaha dengan produks yang inovatif.

IMG-20170909-WA0033 IMG-20170909-WA0029 IMG-20170909-WA0031 Suasana Stand IPB Innovation and Enterpreneurship Expo (IIEE) 2017

Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia tentunya selalu mampu menemukan karya-karya inovasi yang dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi suatu produk dengan nilai komersil tinggi. Produk tersebut dapat diproduksi dalam skala besar sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh  masyarakat luas. Kegiatan produksi dapat dilakukan baik itu oleh pihak IPB sendiri ataupun berkerja sama dengan pihak luar dengan lisensi dari IPB. Selain itu adanya ide-ide kreatif dari civitas akademika IPB terutama mahasiswa dan alumni, maka akan munculnya para entrepreneur muda berbakat yang dapat berkontribusi pada kemajuan ekonomi bangsa. IPB sendiri selalu mendorong mahasiswanya untuk menjadi seorang enterpreuneur muda berbakat dengan adanya dukungan materi kuliah yang diselipkan pada setiap jurusannya. Mata kuliah tersebut mengarahkan pada kewirausahaan pada setiap jurusan yang ditempuh oleh mahasiswa sehingga setelah lulus, alumni IPB diharapkan dapat membuat lapangan kerja (job creator) bukan hanya sekedar pencari kerja (job seeker).

Silahkan baca juga:

IMG-20170909-WA0034

IMG-20170909-WA0022

IMG-20170909-WA0018 Kunjungan sebagai alumni IPB

Pada rangkaian perayaan Dies Natalis IPB ke 54, IPB menyelenggarakan IPB Innovation and Enterpreneurship Expo (IIEE) 2017 sebagai ajang untuk memnunjukan kepada masyarakat luas tentang produk-produk karya inovasi IPB yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan sudah diproduksi dalam jumlah banyak agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Adanya produk karya inovasi yang telah dipasarkan ini, menunjukkan bahwa IPB telah berperan serta dalam membangun perekonomian bangsa. Sesuai dengan dasar kegiatan ekonomi, maka adanya produk pasti disertai kegiatan  produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan produksi dan distribusi ini memiliki peluang untuk menyerap tenaga kerja yang jumlahnya akan terus meningkat seiring dengan permintaan konsumen yang tinggi. IIEE 2017 dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 8-10 September 2017 bertempat di atrium GF & LG Botani Square. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Direktorat Riset dan Inovasi dengan Direktorat Pengembangan Bisnis, Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni serta PT. BLST. Produk yang dikunjungi adalah Momomilk, Cocofaza, Helm Green Composite, Boneka Horta, Produk Herbal, Produk Ikan Hias, Kentang Jala Ipam dan Produk Beras Analog.

Silahkan baca juga:

IMG-20170909-WA0021

IMG-20170909-WA0020

Semoga IPB selalu jaya.. Mencari dan memberi yang terbaik..

Silahkan baca juga:

All photos Copyright By Yoseph Amando

{ Leave a Reply ? }

  1. Sail Sabang

    Mantap terus berinovasi (y) Salam dari panwis om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *