UA-82266412-1

Filosofi Hidup : Teratai “Bunga Keabadian Dari Perairan Yang Tenang”

white lotus

White lotus (picture from http://cdn.pcwallart.com)

Penciptaan alam yang luar biasa indahnya oleh Sang  Khalik membuat kita lebih bersyukur diberi kehidupan di dunia fana ini. Tak akan pernah mengenal kata berakhir ketika belajar dari alam semesta yang kaya dengan filosofi hidup penuh makna bagi kehidupan manusia. Ketika berjalan disebuah bentangan alam perairan entah itu kolam, rawa, atau genangan air yang tenang, kita dapat menemukan sekuntum bunga yang indah terapung dipermukaan air dengan hamparan daun lebar di sekitarnya. Bunga itu adalah bunga teratai.

Teratai (Nymphaea) adalah nama genus untuk tanaman air dari suku Nymphaeaceae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai water-lily atau waterlily. Di Indonesia, teratai juga digunakan untuk menyebut tanaman dari genus Nelumbo (lotus). Pada zaman dulu, orang memang sering mencampuradukkan antara tanaman genus Nelumbo seperti seroja dengan genus Nymphaea (teratai). Pada Nelumbo, bunga terdapat di atas permukaan air (tidak mengapung), kelopak bersemu merah (teratai berwarna putih hingga kuning) (wikipedia)

pink lotus flower on river in thailand

Pink Lotus Flower (Picture from http://www.flowermeaning.com)

Lihat juga:

Banyak pelajaran hidup yang berharga dari kehidupan sekuntum bunga teratai yang indah. Bunga teratai dapat hidup diperairan yang sangat kotor dengan daun dan bunga mengapung di permukaan air. Bentuk batang yang berongga dan bentuk daun yang lebar mendukung kehidupannya di perairan. Dengan morfologi tresebut, bunga teratai dapat bertahan hidup. Morfologi batang berongga mengingatkan  kita pada sifat-sifat dasar manusia yang senantiasa membentuk “rongga” dalam  hatinya sehingga dapat memiliki rasa empati terhadap orang lain. Bagaimana bisa memposisikan diri ketika menjadi orang lain. Merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain ketika mendapat perlakuan tertentu. Morfologi  daun yang lebar dan mudah bersih permukaannya karena tidak mengandung lapisan lilin, menganalogikan bahwa pola pikir yang luas dan terbuka sehingga dapat menerima saran dan kritik dari orang lain terhadap diri kita untuk tetap menjadi pribadi yang rendah hati dengan kualitas diri yang tinggi.

Terdapat hal unik yang menjadi ciri khas dari bunga teratai ini. Bunga teratai dapat tumbuh dengan baik dan memiliki warna bunga yang menawan jika mendapat lingkungan perairan yang sesuai. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap kualitas bunga teratai tersebut. Semakin kotor lingkungan perairan tempat bunga tertai itu tumbuh maka semakin tinggi kualitas bunga yang dihasilkan. Jika bunga teratai berwarna putih maka warna putihnya akan semakin cerah dan menawan. Jika bunga teratai berwarna merah muda maka warna merah mudanya akan semakin pekat. Hal tersebut dapat terjadi dimungkinkan karena semakin kotor lingkungan perairan tempat hidup bunga teratai maka semakin banyak ketersediaan mineral yang menjadi unsur hara penunjang kehidupan bunga teratai tersebut. Sifat unik dari bunga teratai ini dapat menggambarkan bahwa lingkungan kehidupan yang buruk bukan berarti kita harus juga menjadi pribadi yang buruk pula bahkan  seharusnya kita dapat tumbuh menjadi pribadi yang menarik dan menawan hati seperti kehidupan bunga teratai di perairan yang kotor.

Lihat juga:

lotus flower

Beautiful Lotus (Picture From http://wall-papers.info)

{ Leave a Reply ? }

  1. Gunawan

    “Semakin kotor lingkungan perairan tempat bunga tertai itu tumbuh maka semakin tinggi kualitas bunga yang dihasilkan”–ciptaan yang sangat luar biasa, dalam kekotoranpun dapat menghasilkan yang sempurna..

  2. Rahul

    Nice post. Thanks for sharing

  3. Ricky

    Keren.. trima ksh..

  4. Vikings S05E01 "Torrent Download"

    Respect to website author , some wonderful entropy.

  5. Yessy Agustin

    cantik sekali bunga teratainya. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *