UA-82266412-1

Seminar PLP (Pranata Laboratorium Pendidikan) IPB : Tata Kelola Bahan Kimia dan Modifikasi Metode Maserasi

Seminar PLP IPB

Pada hari selasa tanggal 23 agustus 2016 di ruang sidang FPIK telah terselenggara Seminar Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dengan dua pemakalah yaitu Rohmat Ismail, A.Md dengan judul makalah “Penerapan Chemical Inventory Management System (CIMS) di Laboratorium Kimia Anorganik”  dan Esti Prihatini, S.Si dengan judul makalah “Modifikasi Metode Schultze dan Perbandingannya dengan Metode Schultze dan FPL”. Dua topik makalah ini sangat sesuai dengan bidang kajian PLP yaitu mengenai pengelolaan alat dan bahan, pengembangan sistem laboratorium, dan pengembangan metode. Kegiatan seminar PLP diawali dengan pembukaan dan kata sambutan dari ketua PLP IPB yaitu Bapak Sofyan, M.Si. beliau menyampaikan apresiasi yang besar terhadap panitia pelaksana atas terselenggaranya seminar ini dengan sangat baik. Sesi selanjutnya yaitu pemaparan materi seminar dengan membaginya menjadi dua sesi. Setiap sesi terdiri dari presentasi dan tanya jawab.

IMG-20160823-WA0004

IMG-20160823-WA0002

IMG-20160823-WA0000Pemakalah Pertama dengan Judul Makalah: “Penerapan Chemical Inventory Management System (CIMS) di Laboratorium Kimia Anorganik”

IMG-20160823-WA0009

IMG-20160823-WA0007Pemakalah Kedua dengan Judul Makalah: “Modifikasi Metode Schultze dan Perbandingannya dengan Metode Schultze dan FPL”

Sesi seminar PLP dibuka oleh moderator yaitu Ibu Dr Rini Purnawati, M.TP dari Departemen Teknologi Industri Pertanian FATETA IPB dilanjutkan dengan sesi presentasi pertama oleh Rohmat Ismail, A.Md dari Departemen Kimia FMIPA IPB . Materi dari sesi pertama ini menjelaskan tentang tata kelola bahan kimia di laboratorium berdasarkan tanda bahayanya. Penataan bahan kimia ini dipermudah dengan adanya sistem inventaris berbasi softwere yaitu CIMS. Dengan adanya CIMS ini, penelusuran bahan kimia dapat dilakukan dengan mudah. Sesi presentasi kedua oleh Esti Prihatini, S.Si sari Departemen Hasil Hutan FAHUTAN IPB . Materi dari sesi kedua ini menjelaskan tentang modifikasi teknik maserasi dengan parameter peubahnya yaitu jenis bahan dan lamanya waktu maserasi untuk kegiatan penelitian dan praktikum di Laboratorium Anatomi dan Identifikasi Kayu Bagian TPMK. Pembawa makalah modifikasi teknik maseri ini merupakan Peringkat 1 PLP Berprestasi Tingkat IPB Tahun 2016, beliau akan mewakili IPB untuk maju ke tingkat nasional. Setelah sesi presentasi selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi yang memberikan kesempatan kepada seluruh audien untuk memberikan pertanyaan kepada pemakalah terkait dengan materi yang telah disampaikan. Audien terlihat antusias terhadap sesi diskusi ini yang ditandai dengan banyaknya jumlah penanya pada setia termin tanya jawab. Suasana seminar menjadi lebih hidup dengan adanya diskusi ilmiah ini. Segala bentuk pertanyaan, kritik,dan saran dari para audien sangat bermanfaat untuk pemakalah agar senatiasa dapat terus berkarya dan hasilnya siap untuk disampaikan di acara Seminar Pranata Laboratorium Pendidikan IPB.

IMG-20160823-WA0014

IMG-20160823-WA0013

IMG-20160823-WA0010Peserta Seminar PLP IPB yang Begitu Antusias Mengikuti Materi Seminar

Setelah acara inti dari seminar PLP selesai, dilanjutkan dengan pemaparan program kerja jangka pendek dari ketua PLP dan bagian bidang diklat PLP ( Bapak Bambang Hermawan, S. Bio dan Bapak Nurwanto, M.TP). Program tersebut adalah pelatihan PLP yang akan di adakan oleh Direktorat Sumber Daya Manusia IPB pada akhir bulan oktober. Pelatihan tersebut akan dialokasikan untuk peningkatan kompetensi para PLP di IPB sehingga menjadi PLP yang profesional, berkompten dan berkualitas. Ketua PLP membuak forum diskusi bebas bersama seluruh peserta seminar terkait dengan materi apa yang diinginkan dan merasa dibutuhkan untuk program pelatihan yang akan diadakan. Setelah seluruh rangkaian acara selesai, kemudian diakhiri dengna sesi doa dan acara  foto bersama diserta pembagian makan siang. Acara seminar ini sangat berkesan dan memberi manfaat bagi PLP. Dengan adanya kegiatan seminar ini, maka para PLP dapat saling berbagi informasi dan pengalaman sesuai dengan bidang kajian laboratoriumnnya masing-masing. Semoga PLP IPB dapat lebih berkembang karirnya di masa yang akan datang serta semakin berperan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi…PLP IPB Jaya… Jaya… Kaya… 😀 😀

{ Leave a Reply ? }

  1. Rizki

    Very nice!! Good luck

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *