UA-82266412-1

4 Konsep Mudah Untuk Program Evaluasi Kegiatan Pengelolaan Laboratorium

Laboratory

(Picture from http://wpmlabs.com)

Penyelenggaran  praktikum dan  penelitian yang dilakukan di laboratorium setiap tahun akademik, tentunya memerlukan perkembangan yang disesuaikan dengan berbagai aspek yang perlu dipertimbangan seperti pertumbuhan jumlah mahasiswa, perkembangan bidang penelitian yang selalu mengikuti perkembangan zaman, pengembangan kajian materi praktikum yang sealu terbarukan seiring dengan berkembangnya fasilitas alat dan sarana penunjang yang terdapat di laboratorium serta adanya peningkatan sumberdaya manusia dari para pengelola laboratorium itu sendiri. Hal tersebut dapat tercapai dengan adanya suatu konsep evaluasi yang harus dilakukan secara periodik sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk proses perbaikan di masa yang akan datang dalam hal pengelolaan laboratorium. Dengan adanya evaluasi, pihak laboratorium dapat mengetahui sejauh mana capaian  target dari perencanaan yang telah dibuat di awal perode penyelenggaran kegiatan praktikum dan penelitian. Hasil evaluasi harus didukung oleh data-data yang akurat sebagai fakta pendukung dari capaian target yang telah direncanakan. Program evaluasi dapat dilakukan dengan cara pembuatan kuisioner, pembuatan laporan, melakukan pengujian , dan pengamatan secara langsung.

  1. Pembuatan Kuisioner

survey_kepuasan_pelanggan

(Picture from http://www.ybhk.or.id)

Kuisioner merupakan formulir yang digunakan untuk mengetahui secara langsung respon tingkat kepuasan  dari para para pengguna laboratorium terhadap pengelolaan/pelayanan laboratorium. Data dari kuisioner dapat dijadikan acuan untuk melakukan perbaikan dari apek yang masih kurang baik misalnya dari segi kelengkapan alat dan bahan, system keselamatn kerja, tingkat pelayanan personil laboratorium maupun tata ruang dari laboratoriumnya. Dalam kuisioner pun tercantum saran-saran dari para pengguna laboratorium yang dapat menjadi masukan berarti bagi perkembangan laboratorium di masa yang akan datang.

  1. Pembuatan laporan

report

(Picture from http://ec.europa.eu)

Laporan penyelenggaran kegiatan laboratorium yang dibuat secara periodik dengan didukung oleh data-data yang akurat dapat dijadikan bahan evaluasi untuk kegiatan yang akan datang. Dalam laporan tersebut memuat seluruh rangkaian kegiatan laboratorium dalam periode tertentu. Laporan yang dibuat mengacu pada pada perencanaan kegiatan laboratorium yang telah telah dicanangkan di awal tahun sehingga dapat dilakukan proses perbandingan antara perencaan awal dan laporan akhir setelah menjalani kegiatannya secara nyata misalnya untuk target jumlah pelayanan mahasiswa dan realisasi pelaksanaan jumlah materi praktikum.

  1. Melakukan kegiatan pengujian

Pengujian

(Picture from http://www.cambridgeassessment.org.uk)

Pengujian atau  tes merupakan  tahapan evaluasi untuk mendapatkan data sejauh mana pencapaian target terhadap  perencanaan awal. Hasil tes ini dapat dijadikan bahan laporan untuk disajikan dalam bentuk tampilan data yang akurat misalnya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswa terhadap materi praktikum yang disampaikan, pihak pengelola laboratorium melakukan tes uji kompetensi praktikum terkait dengan materi yang diberikan. Jika hasil uji tes kompetensi tersebut baik, maka dapat dipastikan bahwa penyampaian materi dan aspek pendukung di laboratorium (peralatan dan bahan) terselenggara dengan baik namun jika hasil tes uji kompetensi buruk maka ada kemungkinan bahwa ada sesuatu yang kurang baik selama penyelenggaran praktikum. Berdasarkan data hasil tes ini dapat dicari berbagai kemungkinan yang menyebabkan hasi tes buruk atau tetap memeprtahankan bahkan meningkatkan kualitas jika hasil tes sudah baik.

  1. Pengamatan secara langsung

parent-observations

(Picture from http://www.preschool-plan-it.com)

Kegiatan pengamatan secara langsung merupakan kegiatan evaluasi yang paling mudah dilakukan ketika kegiatan di laboratorium berlangsung. Hasil pengamatan langsung ini dapat dicatat/atau didokumentasikan  langsung pada catatan harian kegiatan laboratorium.Misalnya saja pada saat menimbang sampel ketika praktikum ternyata data penimbangan selalu berubah. Pengamatan langsung dapat dilakukan dengan melihat waterpass neraca analitik atau melihat kondisi ruangannya.

{ Leave a Reply ? }

  1. Badru

    sangat menarik artikelnya..

  2. Hilya r9

    Artikel yang bagus,menarik dan tentunya sangat bermanfaat….

  3. Erwin Fertina

    terimakasih informasinya, sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *