UA-82266412-1

Kegiatan Visitasi Laboratorium di Politeknik Negeri Batam Sebagai Bagian Dari Rangkaian Diklat Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan Tingkat Terampil Tahun 2016

Gedung Politeknik Negeri Batam

Pada hari Jumat tanggal 22 Juli 2016, para peserta diklat fungsional pranata laboratorium pendidikan melakukan kunjungan laboratorium ke Politeknik Negeri Batam yang merupakan perguruan tinggi negri berbasis sekolah vokasi di Batam. Acara dimulai dengan adanya acara sambutan dari pihak institusi yaitu Bapak Sumantri Kurniawan selaku ketua jurusan tekhnik elektro dan Bapak Hendra Gunawan selaku Direktur I. Berdasarkan pemaparan dari pihak institusi, Politeknik Negeri Batam dibangun pada tahun 2000 atas kerja sama antara Institut Teknologi Bandung dan Pemerintah Kota Batam.

Hal ini didorong oleh adanya kebutuhan daerah batam  akan sumber daya manusia yang dapat menunjang proses pengembangan ekonomi terutama bidang perindustrian dan teknologi. Politekhnik Negeri Batam  memiliki  4 Jurusan dan 8 program studi yaitu Jurusan  Managemen Bisnis yang terdiri dari program studi akuntansi, akuntansi manajerial, dan dministrasi bisnis. Jurusan Teknik Elektronika yang terdiri dari program studi teknik elektronika dan teknik mekatronika. Jurusan Teknik Informatika yang terdiri dari program studi teknik Informatika dan tekhnik multimedia dan  jaringan. Jurusan Tekhnik Mesin yang hanya memilki program studi tekhnik mesin. Semua program studi didorong untuk menghasilkan suatu prodak baik yang berupa barang maupun jasa. Hal ini merupankan implementasi dari program teaching industries.

Jpeg

Gedung Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 sebagai sistem management mutu yang diterapkan dalam seluruh kegiatan pembelajarannya termasuk ketika  laboartorium. Tentu saja dengan adanya sertifikasi ini, sistem managemnt di laboaratorium  pun berjalan dengan baik seperti adanya rancangan  kegiatan  laboratorium (prsktikum dan penelitian), program pemeliharaan dan evaluasi alat/bahan, prosedur keselamatan kerja serta adanya sistem dokumen yang sudah terorganisisr dengan baik. Pada kesempatan kunjungan ini, peserta diklat hanya dapat mengunjungi tiga lab yang menunjang proses perkuliahan jurusan tekhnik elektronika yaitu laboratorium otomasi industri, laboartorium instalasi listrik, dan laboratorium teaching manufacture.

Jpeg

Jpeg

Ruang Laboratorium Otomasi Industri

Pada laboratorium otomasi industri, terdapat alat-alat yang dibuat oleh mahasiswa misalnya saja peralatan hydraulic sistem. Pada laboratorium instalasi listrik, terdapat alat-alat yang digunakan untuk simulasi pada proses kegiatan praktikum instalasi listrik dasar. Kapasitas dari dari lab ini sekitar 20-30 orang pershift praktikum. Pada laboratorium teaching manufacture, keadaan ruang begitu dikondisiskan seperti industri beasar dengan pengamannan sistem yang begitu ketat misalnaya harus berganti pakaian dan menggunakan peralatan pengaman (sarung tangan, masker, sepatu khusus) sebelum memasuki area produksi. Laboartorium  teaching manufacture ini memproduksi PCB 4 layer dan IC. Dengan adanya produk ini maka pihak institusi telah mampu menjalin kerja sama dengan pihak  industri elektronik seperti Philips.  Kunjungan laboratorium yang merupakan salah satu kegiatan diklat ini sangat memberikan manfaat yang besar terkait dengan pengetahuan tentang perkembangan laboratorium yang dapat di aplikasikan langsung dalam industri dengan nilai komesial tinggi.

Jpeg

Jpeg

SOP pembuatan PCB 4 layer dan IC di Laboratorum Teaching  Manufacture

Jpeg

Jpeg

Ruang laboratorium Instalasi Listrik

{ Leave a Reply ? }

  1. Coy Minning

    Please check out my FREE course on how to drive targeted traffic to your website:

    http://www.3001data.com/targeted-traffic-course

    I hope it will help you get more visitors to rohmatchemistry.staff.ipb.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *