UA-82266412-1

5 Keajaiban Yang Akan Didapatkan Di Dunia Kerja Ketika Berpikir Penting Dalam Setiap Pekerjaan

berpikir penting dalam bekerja(Picture from www.jobinterviewtools.com)

Setelah lulus dari suatu perguruan tinggi terkemuka dengan hasil indeks prestasi yang sangat memuaskan tentunya kita selalu beranggapan bahwa pasti langsung bisa mendapatkan pekerjaan yang baik dan bergengsi tinggi, namun pada kenyataannya mencari pekerjaan bukanlah semudah membalikan tangan. Tingginya tingkat persaingan dalam hidup dan semakin banyaknya populasi manusia dengan tingkat pendidikan yang setara tanpa diimbangi dengan lapangan pekerjaan yang memadai, menjadi penyebab utama persaingan dalam memperoleh pekerjaan yang bergengsi. Untuk dapat bersaing, tentunya kita harus memiliki kualitas diri yang baik.

Tentunya setelah memperoleh pekerjaan kita akan ditempatkan pada posisi yang kita lamar sebelumnya bahkan terkadang untuk penempatan awal kita berada pada posisi yang tidak sesuai dengan bidang keilmuan saat kuliah bahkan tidak kita pahami sama sekali. Tugas kerja dari posisi pekerjaan tersebut sangat membuat bingung dan tidak nyaman sehingga kita menganggapnya tidak penting. Selain itu bagi sebagian orang yang memiliki ekspektasi tinggi, tugas dari pekerjaan tertentu dianggapnya terlalu rendahan dan tidak bergengsi sehingga jika melakukan hal tersebut membuat harga dirimya jatuh. 

Pada dasarnya setiap jenis pekerjaan itu dapat berkontribusi besar bagi suatu instansi/perusahaan/organisasi baik itu yang berada di top, middle bahkan low level sekalipun karena dalam dunia kerja itu tak ada pekerjaan yang dapat dilakukan sendiri untuk menghasilkan suatu produk jasa/benda yang bermutu tinggi. Suatu lingkungan kerja dapat berkembang jika setiap individu dalam organisasi itu dapat berkontribusi dengan baik dengan menunjukan sikap, proses dan hasil kerja yang terbaik dari dalam dirinya. Apakah yang dapat memicu hal tersebut?? “Selalu berpikir bahwa pekerjaannya itu penting” jadi setiap individu harus berpikir penting atas pekerjaannya. Mengutip dari isi buku The Magic Of Thinking Big karya David J. Schwartz:

reward employee

(Picture from https://s-media-cache-ak0.pinimg.com)

"Orang yang berpikir pekerjaannya penting, 
Mendapat isyarat mental tentang bagaimana 
melakukan pekerjaannya dengan baik"
"Dan pekerjaan yang lebih baik berati
Promosi lebih besar, uang lebih banyak
prestise lebih besar, kebahagiaan lebih besar"

Bagaimana menerapkan pola berpikir penting itu? berpikir penting berarti kita selalu mengerjakan sesuatu hal pada posisi prioritas secara pribadi walaupun tugas dari pekerjaan itu dianggap sepele atau mudah oleh orang lain. Berpikir penting atas pekerjaan yang kita lakukan dapat tumbuh dari kecintaan akan profesi yang dijalani baik itu pada jabatan yang tinggi, sedang maupun rendah. Semua pekerjaan yang dilakukan harus dikerjakan dengan berpikir bahwa pekerjaan itu penting untuk dirinya dan tempat bekerja karena secara tidak langsung, berpikir penting dalam bekerja akan mendatang keajaiban yang tak terduga yaitu

1.Pekerjaan yang kita lakukan akan lebih dihargai

great job stamp
(picture from http://www.foursales.com)

Dalam dunia kerja, tentunya terdapat banyak sekali ragam pekerjaan yang dapat dipilih sesuai dengan keterampilannya masing-masing. Setiap bidang kerja yang ditekuni seseorang memiliki kontribusi tersendiri terhadap instansi tempat bekerja. Tak jarang seseorang menganggap pekerjaan yang mudah dilakukan itu teramat tidak penting. namun tahukah bahwa dalam jenis pekerjaan yang sama itu akan menghasilkan nilai yang berbeda jika dikerjakan oleh seseorang yang menganggap bahwa pekerjaan itu sangat penting walaupun dianggap sepele oleh orang lain. Misalnya saja ketika membuat sebuah surat untuk pihak internal yang dianggap tidak terlalu penting atau sekedar membersihkan meja kerja sendiri. Ketika kita melakukan dua pekerjaan tersebut dengan sungguh-sungguh maka orang yang menrima surat akan merasa senang dan setiap orang yang yang datang ke meja kerja kita akan merasa nyaman melihat dokumen atau berbagai hal dimeja kerja terlihar rapih dan bersih sehingga  akan muncul secara alami rasa menghargai hasil kerja kita sendiri.

2.Promosi jabatan akan lebih mudah

promotion(Picture from http://economictimes.indiatimes.com)

Hasil kerja yang sangat baik dari berbagai jenis pekerjaan sesuai dengan tugas di instansi dengan berbagai skala prioritas akan membuat atasan yang objektif mampu menilai dengan baik pula, Tempat kerja yang memang dapat mendukung kemajuan karir secara profesional akan melakukan promosi terhadap karyawan yang memang memiliki kualitas kerja yang baik dan mampu menanamkan rasa bahwa setiap pekerjaan yang dibebankan kepadanya itu sangatlah penting.

3. Penghasilan akan bertambah

salary(Picture from https://media.licdn.com)

Seiring naiknya jenjang karir di suatu instansi dengan menduduki jabatan tertentu disertai bertambahnya tanggung jawab dan kewajiban, maka dapat dipastikan bahwa penghasilan yang diterima akan bertambah besar pula dari segi gaji pokok serta tunjangan-tunjangan lain. Pemberian hak-hak dari setiap karyawan yang mampu berkontribusi terhadap kemajuan suatu instansi itu merupakan salah satu bentuk profesionalisme dalam dunia kerja.

4. Kebahagiaan yang didapat lebih besar

happy worker

(Picture from http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com)

Bekerja sesuai dengan minat dan bakat adalah hal yang paling mnyenangkan, begitu pula ketika kita dapat bekerja sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari. Ketika hal-hal yang dianggap sepele oleh orang lain dapat dikerjakan dengan kualitas yang tinggi dan dapat bermanfaat oleh orang lain itu kan memiliki nilai kebahagiaan yang sama dengan bekerja sesuai minat, keinginan dan bidang ilmu. kebahagiaan itu akan didapat ketika merasa puas dengan hasil kerja kita sendiri. Tahukah bahwa setiap hasil yang membahagiakan bagi diri sendiri dan orang lain dapat memunculkan kebahagiaan-kebahagiaan yang lainmya dimasa yang akan datang.

5. Menimbulkan respect lingkungan kerja yang lebih besar

respect

(Picture from http://www.thindifference.com)

Dalam dunia kerja tentunya akan selalu bersinggungan dengan dunia sosial yang melibatkan banyak orang dengan berbagai karakter. Dengan kita selau berpikir penting dalam setiap detail pekerjaan yang kita lakukan maka akan mampu menimbulkan rasa respect dari orang-orang di lingkungan  sekitar secara alami karena hasil pekerjaan yang baik dapat membuat orang lain puas, mudah untuk memahami dan dapat benar-benar dimanfaatkan untuk proses kerja berikutnya. Pada akhirnya kita menjadi karyawan yang selau merasa bahagia,merdeka dan berprestasi di tempat kerja.

{ Leave a Reply ? }

  1. Voni

    betus sama dengan berfikir berjiwa besar
    Terimakasih

    Toko Komputer Online

  2. bir pletok

    Fokus dalam bekerja memang penting, apalagi ketika dikejar deadline..

  3. Janiarto Paradise

    terimakasih sharingnya Pak, seringkali saya tidak terlalu bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas, mungkin salah satu alasannya karena saya tidak menganggap penting tugas saya bagi banyak orang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *