UA-82266412-1

Selamat Hari Bumi 2016 : Bumi Ku Hijau, Bumi Ku Lestari

Image 217

Happy Earth Day….

Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru (wikipedia). Bumi satu satunya planet yang menjadi tempat hidup mahluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Ketersediaan air di bumi menjadi sumber kehidupan utama bagi mahluk hidup. Seiring dengan berjalannnya waktu, semakin banyak permasalahan yang dihadapi terkait dengan isu kelestarian lingkungan hidup, dimulai dari permasalahan limbah dan sampah, pemanasan global, kebakaran hutan hingga terganggu siklus air yang mengakibatkan kekurangan air bersih.

Dalam rangka memeperingati hari bumi , Institut Pertanian Bogor (IPB) mengintruksikan kepada seluruh unit kerja agar melakukan kerja bakti membersihkan area unit kerjanya masing-masing yang terdiri dari halaman gedung, laboratorium dan kantor. Sebagai salah satu Green Campus di Indonesia, IPB melakukan supervisi langsung terhadap semua unit kerja terkait program kerja bakti di Hari Bumi 2016. Departemen Kimia sebagai salah satu unit kerja IPB di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, melakukan kerja bakti yang dimulai dari pukul 08.00 sampai selesai. Acara kerja bakti dimulai dari penanaman pohon di halaman gedung baru departemn kimia oleh Ketua Departemen dan Guru Besar dari Divisi Kimia Organik serta pemasangan poster dengan slogan: Departemen Kimia BERHIJAB (BERsih HIjau dan mantAB)

IMG-20160422-WA0010

Penanaman pohon di halaman Gedung oleh Prof Dr Purwantiningsih Sugita, MS (Ketua Departemen Kimia FMIPA IPB) dan Jamhuri, SE (KTU Departemen Kimia)

Image 213

Penguburan akar tanaman sebagai simbol langkah awal proses penghijauan di Hari Bumi oleh Prof Dr. Ir. Suminar Setiati Achmadi (Guru Besar Departemen Kimia FMIPA IPB dari Divisi Kimia Organik) dan Jamhuri, SE (KTU Departemen Kimia)

Kegiatan ini merupakan langkah kecil untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan hidup di lingkungan kerja kita, namun hal tersebut tidak akan bermanfaat tanpa adanya tindakan nyata dan kesadran dari pribadi masing-masing individu. Semoga tidak hanya saat Hari Bumi saja kegiatan seperti ini dapat terlaksana tapi secara berkelanjutan pula dan bahkan menjadi kebiasaan yang sudah membudaya di masyarakat pada umumnya.

Selamat Hari Bumi…

Salam Lestari…

{ Leave a Reply ? }

  1. Fifi

    Kegiatan yang sangat bermanfaat,,,semoga kegiatan ini dapat berkesinambungan.

  2. sites

    Some genuinely nice stuff on this web site, I like it.

  3. see this

    There are definitely a lot of particulars like that to take into consideration. That could be a great point to carry up. I supply the ideas above as general inspiration however clearly there are questions just like the one you carry up the place the most important thing might be working in sincere good faith. I don?t know if best practices have emerged round issues like that, however I’m certain that your job is clearly identified as a good game. Each girls and boys feel the influence of only a second’s pleasure, for the rest of their lives.

  4. Best logos Logos

    I discovered your blog site internet site on yahoo and appearance some of your early posts. Always maintain inside the good operate. I just extra increase RSS feed to my MSN News Reader. Seeking forward to reading far more on your part down the road!…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *