UA-82266412-1

MathPac : Aplikasi Hebat Berbasis Android untuk Menentukan Regresi Linear

mathpac-graphing-calculator_10490Istilah regresi (ramalan/taksiran) pertama kali diperkenalkan oleh Sir Francis Galton pada tahun 1877 sehubungan dengan penelitiannya terhadap tinggi manusia, yaitu antara tinggi anak dan tinggi orang tuanya. Pada penelitiannya Galton mendapatkan bahwa tinggi anak dari orang tua yang tinggi cenderung meningkat atau menurun dari berat rata-rata populasi. Garis yang menunjukkan hubungan tersebut disebut garis regresi. Analisis regresi lebih akurat dalam melakukan analisis korelasi, karena pada analisis itu kesulitan dalam menunjukkan slop (tingkat perubahan suatu variabel terhadap variabel lainnya dapat ditentukan). Dengan demikian maka melalui analisis regresi, peramalan nilai variabel terikat pada nilai variabel bebas lebih akurat pula. (wikipedia)

Kegiatan analisis secara kuantitatif di laboratorium dengan menggunakan perangkat instrumen, tentunya memerlukan kurva standar yang dibuat dengan cara mengukur deret standar kemudian membuat sebuah kurva yang dapat menunjukan adanya korelasi antara nilai konsentrasi suatu standar dengan respon suatu instrumen baik itu berupa absorban, transmitan, maupun luas area. Setelah proses pembuatan kurva standar, maka kita dapat menentukan persamaan regresi linear dan koefisien determinasi dari kurva tersebut. Pada pengukuran suatu sampel menggunakan Spektrofotometer UV/Visibel, kurva standar standar dapat dibuat dengan cara menghubungkan nilai konsentrasi standar sebagai X dan nilai absorban/transmitan standar sebagai nilai Y sehingga didapatkan persamaan Regresi Linier dari Y terhadap X

Persamaan regresi linier dari Y terhadap X dirumuskan sebagai berikut:

Y = a + b X

Keterangan:

Y = variabel terikat

X = variabel bebas

a = intersep

b = koefisien regresi/slope

terdapat berbagai cara untuk menentukan persamaan  regresi linear dari suatu kurva satandar. Cara pertama menggnakan aplikasi microsoft excel di komputer, cara kedua menggunakan kalkulator scientific, dan ketiga dengan menggunakan smartphone android. Cara pertama dan kedua terbiasa digunakan namun banyak yang belum mengetahui cara ketiga. Sebenarnya memntukan persamaan regresi linear di android itu sangat mudah, cukup menggunakan aplikasi MATHPAC yang telah di instal di smartphone. Berikut ini tutorial cara menggunakan apliksai math pac untuk menetukan persamaan regresi linear.

Screenshot_2016-04-18-21-55-46gambar tampilan di atas akan tampil ketika masuk ke menu aplikasi mathpac. Kemudian pilih Edit List

Screenshot_2016-04-18-21-56-11Gambar diatas akan muncul setelah kita memilih menu Edit List, setelah itu input nilai untuk variabel X di list ! dan variabel Y di list 2. Misalnya untuk input nilai data hasil pengukuran berikut:

Standar Konsentrasi (ppm) Absorban
Level 1 0 0
Level 2 20 0.14
Level 3 40 0.27
Level 4 60 0.42
Level 5 80 0.56
Level 6 100 0.7

Screenshot_2016-04-18-21-56-27setelah input data selesai, lalu tekan menu pilihan pada smartphone android, maka akan muncul menu seperti gambar di atas pada aplikasi mathpac lalu pilih Regressions

Screenshot_2016-04-18-21-56-35Setelah memilih menu Regression lalu akan muncul pilihan menu seprti gambar di atas, maka kita pilih Linear Regression untuk menentukan persamaan regresi linear hasil pengukuran.

Screenshot_2016-04-18-21-56-46Pada menu Linear regression, akan terdapat pilihan list yang akan dijadikan X dan Y values (sebgai data pada sumbu X dan Y pada bidang ordinat). setelah kita yakin list data yang akan di kalkulasi, maka kita tekan tombol Calculate.

Screenshot_2016-04-18-21-56-54Setelah menekan menu Calculate maka kita akan mendapatkan berbagai informasi terkait kurva standar dari data yang diperoleh. Informasi tersebut adalah persamaan regresi linear, nilai koefisien detrminasi dan korelasi. Untuk melihat kurva yang tersaji dalam bidang ordinat, tekan menu Graph maka akan tampil kurva standar dengan persamaan regresi linear seperti pada gambar di bawah ini.

Screenshot_2016-04-18-21-57-00Demikian cara mudah untuk menetukan persamaan regresi linear dengan aplikasi MathPac di smartphone android.  Semoga Bermanfaat…… 😀

Download MathPac for Android

{ Leave a Reply ? }

  1. adidas nmd

    I’d constantly want to be update on new content on this website, saved to fav!

  2. Reza Abdullah

    Nice info min, saya memang sedang mencari aplikasi android sejenis ini hehe semoga bisa bermanfaat :)

  3. Brant

    This is very interesting, You’re a very skilled blogger. I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your excellent post. Also, I’ve shared your site in my social networks!

  4. Napoleon

    Excellent goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you’re just too magnificent. I really like what you have acquired here, really like what you are saying and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it smart. I can’t wait to read far more from you. This is actually a great site.

  5. lexy

    Interesting post. Thanks for sharing.

  6. Auto Business

    You are a very smart individual!

  7. Teknologi Anak Bangsa

    Terima kasih buat infonya

  8. hamsi

    Trims a lot informasinya. sangat bermanfaat. Kalau untuk menentukan regresi linier berganda, gmn ya step by stepnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *