UA-82266412-1

Uji Toksisitas Ekatrak Tanaman Terhadap Larva Udang (Artemia salina)

larva udangArtemia adalah sejenis udang-udangan primitif. Artemia semula diberi nama Cancer salinus oleh Linnaeus pada tahun 1778, tetapi kemudian pada tahun 1919. diubah menjadi Artemia salina Leach. Artemia hidup secara planktonik diperairan laut yang kadar garamnya (salinitasnya) berkisar antara 15-300 per mil dan suhunya berkisar antara 26ºC-31ºC serta nilai pH nya antara 7,3-8,4. Keistimewaan Artemia sebagai plankton adalah memiliki toleransi (kemampuan beradaptasi dan mempertahankan diri) pada kisaran kadar garam yang sangat luas. Pada kadar garam yang sangat tinggi dimana tidak ada satupun organisme lain mampu bertahan hidup, ternyata Artemia mampu mentolelirnya (Fathiyawati 2008). Kemampuan adaptasi yang baik inilah yang menyebabkannya digunakan sebagai uji pendahuluan terhadap efek toksisitas dari suatu bahan.

Metode uji toksisitas ini sering digunakan untuk penapisan awal terhadap senyawa aktif yang terkandung didalam suatu ekstrak karena cepat, mudah, sederhana dan dapat dipercaya. Secara umum senyawa yang bersifat sitotoksis juga menunjukkan sifat toksiknya terhadap Artemia salina. Uji toksisitas akut dengan hewan uji Artemia salina Leach dapat digunakan sebagai uji pendahuluan pada penelitian yang mengarah ke uji sitotoksik, karena ada kaitan antara uji toksisitas akut dengan uji sitotoksik jika harga LC50 dari uji toksisitas akut < 1000 μg/mL (Fathiyawati 2008). Uji toksisitas dengan larva udang ini disebut metode Brain Shrimp Letal Toxicity (BSLT)

Picture1Kurva LC50 uji toksisitas ekstrak butanol dari bunga jantan klewih

Uji toksisitas dilakukan untuk mengetahui apakah ekstrak suatu sampel berbahaya atau tidak untuk manusia. Uji toksisitas didekati dengan melakukan uji toksisitas awal terhadap larva udang. Disiapkan sederet kosentrasi ekstrak (0, 10, 100, 1000, 10.000, 100.000 ppm), ke dalam masing-masing larutan tersebut dimasukkan 20 ekor larva udang. Setelah 24 jam jumlah larva udang yang mati diamati (Nurhayati 2006).

Daftar Pustaka

Fathiyawati. 2008. Uji toksisitas ekstrak daun Ficus recemosa L terhadap Artemia salina Leach dan profil kromatografi lapis tipis. [skripsi]. Surakarta: Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurhayati APD, Nurlita A, dan Rachmat F. 2006. Uji Toksisitas Ekstrak Eucheuma alvarezii terhadap Artemia salina sebagai Studi Pendahuluan Potensi Antikanker. J Akta Kimindo. 2 (1): 41-46.

{ Leave a Reply ? }

  1. Tena Loden

    HelloHeyHey thereGood dayHowdyHi thereHello thereHi! This is kind of off topic but I need some advicehelpguidance from an established blog. Is it hardvery difficultvery hardtoughdifficult to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty fastquick. I’m thinking about creatingsetting upmaking my own but I’m not sure where to startbegin. Do you have any tipspointsideas or suggestions? ThanksWith thanksAppreciate itCheersThank youMany thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *