UA-82266412-1

Program Pengembangan Laboratorium: Penataan Bahan Kimia Untuk Keamanan dan Keselamatan

best laboratory

PROGRAM KEGIATAN PENGEMBANGAN LABORATORIUM KIMIA

RANCANGAN KEGIATAN

A. BAHAN KIMIA

  1. Inventaris bahan kimia

Inventaris bahan-bahan kimia di laboratorium dibuat dengan data yang aktual dan memuat informasi tentang bahan kimia yaitu nama bahan kimia, rumus molekul, kemasan, produsen dan CAS number. Inventaris bahan kimia dibuat dengan program excel yang mempermudah ketika melakukan pencarian data bahan kimia yang dibutuhkan.

  1. Penataan bahan kimia.

Berdasarkan data bahan kimia yang telah tersedia maka dapat dilakukan penataan letak penyimpanan bahan kimia berdasarkan tanda bahaya, sifat, dan wujud dari bahan kimia tersebut (informasi dari Material Safety Data Sheet). Pada kegiatan ini, tentunya memerlukan lemari bahan kimia dan ruang khusus. Selain itu akan dilakukan pula pemisahan bahan kimia berdasarkan keadaan kemasannya (masih disegel atau sudah terbuka)

  1. Transfer data inventaris bahan kimia ke dalam sistem Chemical Inventory Management System (CIMS)

Data inventaris yang telah dibuat dengan program excel dapat dijadikan sebagai acuan data untuk ditransfer ke dalam sistem CIMS. Data bahan kimia yang diinput adalah bahan kimia yang masih dalam keadaan segel karena perkembangan sistem CIMS sejauh ini belum bisa mendata sisa bahan kimia jika melakukan input data pada bahan kimia yang sudah dibuka.

  1. Sistem managemen penggunaan bahan kimia

Sistem management penggunaan bahan kimia ini terdiri dari form pengajuan, kartu, dan form mutasi. Form pengajuan digunakan untuk megetahui jumlah aktual bahan yang diminta oleh pengguna sehingga dapat dijadikan data acuan untuk rekapitulasi pada kartu bahan. Form mutasi digunakan untuk mengetahui data penggunaan bahan kimia setiap bulan selama 1 tahun dan mengetahui sisa bahan kimia yang telah dikonversi ke dalam nilai rupiahnya.

TABEL RANCANGAN PENGEMBANGAN LABORATORIUM KATEGORI BAHAN KIMIA

No Kegiatan Kebutuhan
1 Inventaris bahan kimia

 

Komputer

ATK

2 Penataan bahan kimia.

 

Lemari bahan kimia

Exhausfan

Ruang khusus/ penyekatan ruang

3 Transfer data inventaris bahan kimia ke dalam sistem Chemical Inventory Management System (CIMS)

 

Komputer

Barcode scanner

Label

Barcode printer

4 Sistem managemen penggunaan bahan kimia

 

Komputer

Printer

Perbanyakan dokumen

Map

 B. PERALATAN

  1. Inventaris alat gelas dan peralatan penunjang

Inventaris alat-alat laboratorium dibuat dengan data yang aktual dan memuat informasi tentang alat yaitu nama alat, jumlah, dan tahun perolehan. Inventaris alat laboratorium menggunakan program excel yang akan mempermudah pencarian data ketika diperlukan data alat efektifitas sistem inventaris akan lebih baik dari pada dengan cara manual/ditulis di buku terutama dalam hal proses input dan mencari data alat tertentu dari sekian banyak jumlah alat yang ada. Hasil inventaris alat digunakan sebagai data acuan sehingga dapat diketahui ada/tidak dan rusak/tidaknya alat tersebut.

  1. Penataan alat gelas dan peralatan penunjang

Berdasarkan data inventaris alat laboratorium yang telah tersedia maka dapat dilakukan penataan letak peralatan tersebut. Alat gelas disimpan dalam lemari berdasarkan jenis dan ukurannya. Peralatan instrumen diletakan di ruang instrumen dan alat penunjang diletakan secara teratur di dalam laboratorium.

  1. Verifikasi performa peralatan penunjang

Verifikasi performa peralatan meliputi pengecekan suhu aktual pada oven dan tanur, kalibrasi pH meter, akurasi neraca analitik dan kalibrasi & koreksi kuvet pada spectronic 20D+. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi aktual alat dan menjamin keakuratan data hasil pengukurannya.

  1. Sistem dokumen management peralatan laboratorium

            Sistem dokumen terdiri dari kartu alat, logbook, dan laporan hasil verifikasi. Logbook pengguna alat berisi tentang identitas pengguna alat (nama dan NIM), waktu pemakaian,dan keperluan pemakaiannya dan merupakan bentuk pemeliharaan terhadap alat. Logbook pengguna alat diterapkan agar meningkatkan kedisiplinan dalam penggunaan alat . Kartu peralatan laboratorium memuat tentang identitas dan riwayat kerusakan/perbaikan untuk alat sehingga dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk pengadaan alat jika sudah rusak

TABEL RANCANGAN PENGEMBANGAN LABORATORIUM KATEGORI PERALATAN

No Kegiatan Kebutuhan
1 Inventaris alat gelas dan peralatan penunjang

 

Komputer

ATK

2 Penataan alat gelas dan peralatan penunjang

 

Lemari alat

Rak

Ruang khusus/penyekatan ruang

3 Verifikasi performa peralatan penunjang

 

Termometer digita

Buffer pH

Komputer

4 Sistem dokumen management mutu peralatan laboratorium

 

Komputer

Printer

Perbanyakan dokumen

Map

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *