UA-82266412-1

Selamat Hari Guru Nasional

retro-style-teachers-day-illustration-vector
Trimakasihku
Ku ucapkan, pada guruku yang tulus...
Ilmu yang berguna
Slalu dilimpahkan
Untuk bekalku nanti....

Setiap hariku dibimbingnya
Agar tumbuhlah bakatku
Kan ku ingat slalu nasehat guruku
Trimakasihku ku ucapkan....

Lirik lagu itu sangat menggambarkan betapa besarnya jasa guru terhadap kita sebagai orang yang pernah menjadi muridnya. Tanpa beliau, kita bukan lah siapa-siapa, hanya seorang anak yang tidak tahu apa-apa. Mendengar lagu tersebut mengingatkan ku pada sosok guru sekolah dasar yang luar biasa sabar dalam mengajarkan cara membaca, berhitung dan menulis. Beliau begitu kreatif dalam memberikan materi pelajaran dasar tersebut. Beliau tidak pernah lelah mengajarkan muridnya yang memang terbilang lambat dalam mencerna materi. Tak pernah sekalipun beliau melontarkan nada kekesalan berupa bentakan atau berbicara dengan nada yang keras karena baginya inilah resiko dan tanggung jawab yang harus diembannya sebagai guru sekolah dasar kelas satu.

Menjadi guru sekolah dasar merupakan tanggung jawab besar karena mengajarkan hal-hal dasar untuk mempelajari berbagai bidang keilmuan yang nantinya kita pelajari pada tingkat sekolah menegah pertama (SMP), sekolah menegah umum (SMU) bahkan sampai perguruan tinggi dgn spesialisasi ilmu tertentu. Pernahkah terpikir oleh kita, apakah kita dapat mempelajari berbagai ilmu dari berbagai bidang kehidupan tanpa bisa membaca, menulis dan berhitung???

Bagaimana bisa kita menghapal pelajaran ilmu pengetahuan sosial tanpa bisa membaca?

Bagaimana bisa kita membuat sebuah puisi atau sajak yang indah tanpa bisa menulis?

Bagaimana bisa kita mengerti ilmu matematika tanpa bisa berhitung?

Kini beliau telah tiada, hanya seuntai doa yang dapat kupanjatkan untuk kebahagiaannya di akhirat. Semoga amal ibadah beliau di terima Allah SWT..amin ya rabb.

Selamat Hari Guru Nasional

“Seorang guru bukan hanya harus cerdas, tetapi harus dapat menemukan dan mengembangkan bakat-bakat yang ada pada muridnya”

“Seorang guru bukan hanya sekedar pintar berbicara, tetapi harus dapat menyampaikan pembicaraan yang dapat membuat pintar muridnya”

 

{ Leave a Reply ? }

  1. Cleo Snodderly

    Excellent write up, i definitely love this website, continue the good work!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *