UA-82266412-1

Metode Uji Mikrobiologi: Metode Plate Count Dan Most Probable Number (MPN)

metode plate countMetode Plate Count

1.Prinsip
Pertumbuhan mikrob setelah sampel diinkubasikan dalam perbenihan yang cocok selama waktu yang ditentukan (3-10 hari) pada suhu yang sesuai (25±1 °C/ 36±1 °C)

2.Cara menghitung dan menyatakan hasil analisis
a.Pilih cawan petri dengan pengenceran tertinggi. Hitung semua koloni dalam cawan petri tersebut dan dikalikan dengan faktor pengenceran. Nyatakan hasilnya sebagai jumlah bakteri dengan satuan Colony Forming Unit per milliliter (CFU/ml) untuk sampel pupuk cair atau Colony Forming Unit per gram (CFU/g) untuk sampel pupuk padat.
b.Jika pada cawan pengenceran tertinggi tidak terdapat pertumbuhan, maka hitung jumlah koloni yang tumbuh pada pengenceran yang lebih rendah dan dikalikan dengan faktor pengenceran. Nyatakan hasilnya sebagai jumlah bakteri dengan satuan Colony Forming Unit per milliliter (CFU/ml) untuk sampel pupuk cair atau Colony Forming Unit per gram (CFU/g) untuk sampel pupuk padat.
c.Jika jumlah koloni dari semua pengenceran tidak dapat dihitung (terlalu banyak), maka setiap cawan petri dengan pengenceran tertinggi dibagi ke dalam 2, 4, atau 8 sektor. Hitung jumlah koloni dalam satu bagian atau lebih. Untuk mendapatkan jumlah koloni dalam satu cawan petri, hitung rata-rata jumlah koloni dan dikalikan dengan faktor pembagi dan pengenceran.
contoh: Jika dalam 1/8 bagian cawan petri terdapat 200 koloni, maka jumlah koloni yang didapat adalah 8 x 200 (1600), dikalikan dengan faktor pengenceran. Nyatakan hasilnya sebagai jumlah bakteri dengan satuan (CFU/ml) atau (CFU/g).
d.Jika pada setiap tingkat pengeceran tidak terdapat pertumbuhan koloni, maka hasil analisis dinyatakan tidak terdeteksi (not detected).

metode MPNMetode Most Probable Number (MPN) menggunakan 3 tabung

1.Prinsip
Pertumbuhan bakteri Coliform, Escherichia coli dan Salmonella yang ditandai dengan terbentuknya gas dalam tabung durham, setelah sampel diinkubasikan dalam perbenihan yang cocok pada suhu 36±1 °C selama 24-48 jam dan selanjutnya dirujuk kepada table MPN

2.Cara menghitung dan menyatakan hasil analisis
Catat jumlah tabung yang positif pada uji penegasan dan nyatakan hasilnya dengan Angka Paling Mungkin per milliliter (APM/ml) untuk sampel cair atau Angka Paling Mungkin per gram (APM/g) untuk sampel padat dengan merujuk pada tabel MPN.

Metode Most Probable Number (MPN) menggunakan 5 tabung

1.Prinsip
Pertumbuhan bakteri Azospirillum sp yang ditandai dengan terbentuknya pelikel putih berbentuk cincin pada permukaan media, setelah contoh diinkubasikan dalam perbenihan yang cocok selama 5-7 hari dan selanjutnya dirujuk kepada table MPN

2.Cara menghitung dan menyatakan hasil analisis
Catat jumlah tabung yang positif dan nyatakan hasilnya dengan Angka Paling Mungkin per milliliter (APM/ml) untuk sampel cair atau Angka Paling Mungkin per gram (APM/g) untuk sampel padat dengan merujuk pada tabel MPN.

Source: Handbook Of Microbiology Analysis

{ Leave a Reply ? }

  1. Basri Abdullah

    Ikut nyimak dan izin bookmark untuk referensi. salam kenal

  2. more help

    Enjoyed looking through this, very good stuff, thanks.

  3. Jessie Ceparano

    Absolutely indited subject material, Really enjoyed studying.

  4. Your work is very good and I appreciate you and hopping for some more informative posts. Thank you for sharing great information to us

  5. Yugal Sarkar

    Hi wanted to give you a quick manages. The writing in your submit seem to be working off of the screen inside Opera. I don’t know if this is a arrangement problem or something like that to do with browser compatibility but I believed I would submit to inform you. The style as well as layout look great although! We imagine you get the issue solved shortly. Many thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *