UA-82266412-1

Hukum Dasar Kimia: Kekekalan Massa (Lavoisier)

welcome augustWelcome August…

Agustus adalah bulan yang spesial karena pada bulan ini telah lahir seorang ilmuan kimia dengan teori yang menjadi hukum dasar untuk  ilmu kimia, dia adalah Lavoisier. Antoine-Laurent de Lavoisier atau dikenal dengan Lavoisier lahir di Paris, 26 Agustus 1743 – meninggal di Paris, 8 Mei 1794 pada umur 50 tahun adalah orang yang bertanggungjawab memberikan nama kepada oksigen pada tahun 1774. Perkataan oksigen terdiri dari dua kata Yunani, oxus artinya asam dan gennan artinya menghasilkan (wikipedia). Lavoisier merupakan salah satu ilmuan yang memberikan kintribusi besar bagi perkembangan ilmu kimia dengan menemukan salah satu hukum dasar kimia yang begitu penting yaitu tentang hukum kekekalan massa. 

Hukum dasar Kimia LavoisierLavoisier dikenal dengan hukum dasar kimia yang berhubungan dengan massa suatu unsur ketika mengalami reaksi. Syarat terjadinya reaksi dari suatu zat kimia adalah adanya interaksi langsung dari kedua zat tersebut. Penelitian di laboratorium yang dikerjakan oleh Lavoisier sangat sederhana yaitu mereaksikan cairan merkuri dengan gas oksigen dalam sistem tertutup sehingga menghasilkan merkuri oksida yang berwarna merah. Apabila merkuri oksida tersebut dipanaskan kembali maka senyawa tersebut akan terurai menghasilkan sejumlah merkuri dan oksigen dengan jumlah yang sama seperti semula.

Logam merkuri (Hg)+ Gas Oksigen (O2) –> Calx Merkuri (HgO)

Skema Percobaan LavoisierBerdasarkan hasil percobaan Lavoisier dapat disimpulkan bahwa masa senyawa atau unsur sebelum reaksi akan sama dengan masa senyawa atau unsur setelah reaksi jika hal tersebut terjadi di dalam sistem yang tertutup.  Hasil percobaan inilah yang dikenal dengan Hukum Lavoisier atau Hukum Kekekalan Massa yang menyatakan bahwa jumlah massa zat sebelum dan sesudah reaksi akan selalu sama. Sungguh sebuah teori yang sangat luar biasa, dari percobaan yang sderhana tetapi dapat menghasilkan suatu teori yang prinsipal bagi perkembangan ilmu kimia. Hukum dasar kimia ini lah yang digunakan untuk pemecahan soal-soal reaksi kimia  pada pokok bahasan stoikiometri.

{ Leave a Reply ? }

  1. Javier Cauffman

    good post.Never knew this, thankyou for letting me know.

  2. Cedric varvel

    Yeah bookmaking this wasn’t a speculative decision great post! .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *