UA-82266412-1

Data Hasil Uji Performa Alat Spectronic 20D+

performa alat

Picture from http://www.pcma.org

Kegiatan pemeliharaan/perawatan laboratorium terkonsentrasi pada peralatan dan sarana penunjang yang berada di laboratorium. Kegiatan ini sangat penting karena terkait dengan masa pakai dan opimalisasi pemanfaatnya untuk mendukung seluruh kegiatan di laboratorium. Dalam pelaksanaanya diperlukan konsep system dokumen yang dijadikan sebagai dasar rekaman dan acuan selama proses kegiatan laboratorium berlangsung terkait penggunaan alat dan sarana penunjang tersebut. Salah satu kegiatan pemeliharaan alat yaitu melakukan uji performa alat tersebut.

Proses pengambilan data hasil uji performa alat analisis diawali dengan observasi langsung terhadap alat, informasi dari rekan kerja dan atasan langsung, pengalaman pribadi saat bekerja di laboratorium, mengumpulkan acuan metode dari sumber yang relevan (jurnal dan handbook), membuat rancangan metode lalu mengerjakan uji performa alat dengan parameter yang sesuai. Manfaat dari diterapkannya data hasil uji performa alat analisis adalah meningkatnya mutu pelayanan laboratorium dalam hal penyediaan alat-alat yang dapat menghasilkan data yang akurat dan akan berdampak sangat baik pada penyelenggaraan pendidikan sains yang berorientasi pada pendidikan dan penelitian dengan indikasi hasil penelitian yang berkualitas dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Data Hasil Uji Performa Alat Sebelum Perbaikan

uji performa

Data Hasil Uji Performa Alat Sesudah Perbaikan

uji performa

Kesimpulan:

Berdasarkan data hasil uji  dapat disimpulkan bahwa alat spectronic 20D+ dalam keadaan kurang baik untuk kegiatan analisis karena nilai absorban dan transmitan pada blanko tidak dapat mencapai 0,000 dan 100 % sehingga menghasilkan data pengukuran standar yang tidak akurat (linearitas kurva standar 0,916). Hal ini dapat disebabkan oleh kotornya tempAt penyimpanan kuvet akibat tidak dibersihkan dan lampu radiasi sinar tamapk yg sudah lemah namun tidak terkontrol keadaannya. Hasil koreksi kuvet menggambarkan bahwa kuvet memiliki data hasil absortivitas molar  yang sama sehingga kelima kuvet tersebut dapat digunakan secara bersamaan tanpa khawatir adanya faktor perbedaan kuvet yang digunakan.

{ Leave a Reply ? }

  1. Reklama Gorzow

    But wanna input that you have a very nice site, I the style and design it really stands out.

  2. Business Online

    Great article and straight to the point. I don’t know if this is really the best place to ask but do you guys have any thoughts on where to get some professional writers? Thanks in advance :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *