UA-82266412-1

4 Pengajar Hebat Yang Sangat Menginspirasi….

Setiap jenjang pendidikan yang dilalui dari mulai pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, hingga perguruan tinggi pasti memiliki kesan yang berbeda terhadap pengajarnya. Dari sekian banyak pengajar yang telah memberikan ilmunya kepada kita sebagai muridnya, pasti ada yang menjadi sumber inspirasi baik karena cara mengajar, kepribadian, maupun tingkat intelektualnya. Inilah empat pengajar hebat yang menginspirasi dan mampu membawa anak didiknya mencapai prestasi akademik yang luar biasa. Selama pengalaman belajar selama 15 tahun, terdapat empat pengajar luar biasa yang telah memberikan ilmunya di level pendidikan yang berbeda.

pengajar hebat tingkat SD
Pengajar hebat yang pertama, beliau adalah Bapak guru sekaligus wali kelas ku ketika di kelas 6 sekolah dasar. Beliau termasuk guru yang paling tegas dan susah sekali mendapatkan nilai yang bagus karena memang standar soalnya yang sangat sulit ketika ujian. Cara mengajarnya sangat interaktif dan terbuka dalam hal penilaian. Beliau baik sekali dan memberikan perhatian yang lebih terhadap siswa yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi terkadang hal tersebut menjadi terkesan pilih kasih. Beliau aktif sekali mengikutsertakan siswa terbaiknya ke berbagai kompetisi pelajaran sains dan sosial. Keberhasilan beliau dalam mengajar terbukti dari prestasinya sebagai guru percontohan tingkat sekolah dasar di Kota Bogor dan mampu mengantarkan seluruh siswanya lulus dengan rataan Nilai Ebtanas Murni (NEM) yang tinggi bahkan ada yang mampu menembus peringkat 2 NEM terbaik di Kota Bogor. Saat ini beliau mengajar di sebuah sekolah swasta ternama.

Pengajar hebat SMPN 9 BOGOR
Pengajar hebat yang kedua, beliau adalah Ibu guru mata pelajaran sejarah sekaligus wali kelas ku di kelas 3 sekolah menengah pertama. Beliau guru yang sangat tegas tapi tidak pernah mempersulit murid untuk mendapatkan nilai yang bagus misalnya dengan memberi kisi-kisi soal ujian dan memberikan kuis kecil untuk tambahan nilai akhir. Sebagai ketua MGMP Mata pelajaran Sejarah di Kota Bogor, beliau sangat memahmi konsep bagaimana cara mengajar sejarah supaya siswa tidak merasa bosan dan mampu menghafal pelajaran dengan baik. Beliau sangat mengapresiasi kepada siswa yang berprestasi dengan memberikan beasiswa baik berupa uang tunai maupun bebas iuran sekolah, memberikan tiket liburan gratis, dan memberikan bantuan buku paket dan LKS. Hal tersebut benar-benar memotivasi siswa untuk selalu mengukir prestasi. Saat ini beliau telah menjadi kepala sekolah di salah satu sekolah menegah pertama negeri di Kota Bogor.

pengajar hebat SMAN 3 BOGOR
Pengajar hebat yang ketiga adalah Ibu guru mata pelajaran fisika ku saat kelas 2 sekolah menengah atas. Beliau guru yang suka humor, santai dan murah senyum sehingga para siswa merasa senang ketika belajar fisika bersama beliau walaupun memang materinya sangat sulit dipahami. Beliau mampu mengamati bakat-bakat terpendam dari para siswanya untuk mengikuti berbagai kompetisi dalam bidang sains terutama fisika misalnya Olimpiade Fisika. Beliau mampu mengantarkan banyak siswa menjadi juara dalam lomba mata pelajaran fisika baik tingkat regional, nasional dan bahkan internasional. Dalam mengajarkan mata pelajaran fisika, beliau lebih menekankan pemahaman konsep karena memang dengan memahami konsep bagaimanapun bentuk soal yang dihadapi akan dapat dikerjakan dengan hasil memuaskan.

logo ipb 2
Pengajar hebat yang keempat adalah ibu dosen senior di IPB, pertama mengenal beliau itu ketika mengajar mata kuliah kimia analitik dasar sekaligus penanggung jawab praktikum untuk mata kuliah tersebut. Beliau begitu cerdas dan sangat berwawasan luas, kompetensinya tidak usah diragukan lagi dalam bidang kimia analitik. Dalam mengajar dan melatih kompetensi praktik kepada mahasiswa, beliau sangat menekankan pada pemahaman konsep dasarnya dan menyampaikannya dengan sabar. Selain sebagai dosen, beliau juga sebagai kepala jurusan, sifatnya yang sangat keibuan membuat semua mahasiswa merasa dekat dengan beliau. Sifat beliau tidak berubah kepada setiap mahasiswanya baik yang telah menjadi alumni maupun saat masih aktif sebagai mahasiswa, itulah yang membuat para alumni tidak pernah memutuskan tali silaturahmi walaupun sudah lulus begitu lama. Saat ini beliau telah pensiun dan menikmati masa tuanya, semoga beliau selau diberi kesehatan dan dalam lindungan Allah SWT…amin.